Berita

Hari Laut Sedunia

SMA Muhammadiyah 1 Semarang - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day diperingati setiap 8 Juni. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian laut bagi manusia. Sejarah Hari Laut Sedunia berawal dari United Nations Conference on Environment and Development pada 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Saat itu delegasi asal Kanada mengusulkan gagasan adanya hari khusus peringatan soal kelautan. Gagasan itu tak langsung diresmikan. Pada 1998 Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO gencar mengampanyekan agar Hari Laut diperingati secara internasional. Selanjutnya, dua organisasi konservasi, World Ocean Network dan The Ocean Project bersama kelompok lingkungan mulai merayakan Hari Laut pada 2002. Mereka juga melakukan kampanye mendorong PBB mengesahkan Hari Laut Sedunia.

Mengingat bahwa 70 persen dari planet Bumi merupakan lautan, maka melestarikan dan menjaga kehidupan laut merupakan hal penting. Selain itu, lautan juga menghasilkan sekurang-kurangnya 50 persen oksigen bagi manusia, sebagaimana dilansir dari National Ocean Service. Tidak hanya itu, industri laut juga mempekerjakan setidaknya 40 juta penduduk dunia. Olehkarena itu, konservasi laut harus digalakkan oleh semua negara dunia. Akhirnya pada 2008, PPB meresmikan Hari Laut Sedunia.

Peringatan Hari Laut Sedunia ini relevan dengan keadaan Indonesia yang termasuk sebagai negara maritim, dengan luas lautan yang membentang lebih dari 5 juta km persegi secara keseluruhannya. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menuliskan bahwa luas lautan Indonesia sekitar 3,25 juta kilometer persegi dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,55 juta kilometer persegi. Luasnya lautan Indonesia ini melebihi luas daratan yakni 2,01 juta kilometer persegi.

Tema Hari Laut Sedunia 2021

Dilansir Human Rights At Sea, tema Hari Laut Sedunia tahun ini bertajuk "The Ocean: Life and Livelihoods" atau "Samudera: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya". Tema ini diangkat untuk mengkampanyekan pentingnya ekosistem laut dan perannya untuk manusia. Selain itu, tahun ini, PBB juga meluncurkan situs web Hari Laut Sedunia yang dapat diakses melalui https://unworldoceansday.org/. Situs web ini merupakan hasil kerja sama PBB dengan organisasi nirlaba Oceanic Global.

Untuk partisipasti publiknya, dalam peringatan Hari Laut Sedunia 2021 juga diadakan kontes foto internasional yang berkaitan dengan ekosistem laut. Di masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Laut Sedunia akan dilakukan melalui telekonferensi dan seminar daring yang mengundang pakar kelautan internasional untuk membahas mengenai biodiversitas laut, hubungan antara samudera dan ekosistemnya, penemuan sains kelautan terbaru, dan sebagainya.

Untuk melihat jadwal, rangkaian acara, dan pembicara dalam peringatan Hari Laut Sedunia PBB dapat mengakses tautan di sini.

Share: